P5 KKO SMP N 3 SAMIGALUH
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMP Negeri 3 Samigaluh: "Bangunlah Jiwa Raganya".
SMP Negeri 3 Samigaluh memiliki salah satu program unggulan yang membanggakan, yaitu Kelas Khusus Olahraga (KKO). Program ini ditujukan untuk siswa yang memiliki minat dan bakat di bidang olahraga. Dalam rangka mengembangkan karakter dan profil Pelajar Pancasila, SMP Negeri 3 Samigaluh menyelenggarakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Bangunlah Jiwa Raganya”. Melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya dilatih dari segi fisik, tetapi juga dari segi mental dan karakter.
Perencanaan Kegiatan oleh Fasilitator
Kegiatan P5 ini dirancang dengan sangat matang oleh fasilitator atau guru KKO yang memiliki visi untuk mengintegrasikan nilai-nilai mandiri, bergotong-royong, dan bernalar kritis ke dalam proses pembelajaran. Setelah melakukan rapat dan diskusi intensif, ditetapkan bahwa salah satu olahraga yang akan digunakan dalam projek ini adalah catur. Catur dipilih karena tidak hanya mengasah kemampuan berpikir kritis, tetapi juga melatih siswa untuk mandiri dalam mengambil keputusan, serta bekerja sama dalam menyusun strategi.
Dalam tahap perencanaan, fasilitator juga menentukan tujuan spesifik dari setiap dimensi profil yang ingin dikembangkan, yaitu:
- Mandiri: Siswa diharapkan mampu mengambil keputusan sendiri dalam permainan dan bertanggung jawab atas pilihannya.
- Gotong-royong: Siswa belajar bekerja sama dalam tim, saling membantu untuk mencapai hasil yang optimal.
- Bernalar kritis: Siswa dilatih untuk berpikir strategis, memecahkan masalah, dan menganalisis setiap langkah yang akan diambil.
Penyusunan Modul Ajar
Setelah rencana kegiatan disusun, langkah selanjutnya adalah menyusun modul ajar yang relevan. Modul ini tidak hanya berisi aturan dasar permainan catur, tetapi juga dilengkapi dengan materi-materi tentang pengembangan karakter dan dimensi profil yang diusung. Modul dirancang agar menarik dan mudah dipahami oleh siswa, dengan berbagai contoh kasus dan latihan praktik yang akan digunakan selama kegiatan berlangsung.
Pelaksanaan Kegiatan
Pada tahap pelaksanaan, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari beberapa siswa yang berperan sebagai pemain dan pengamat. Mereka bermain catur secara bergantian, namun dengan tambahan tantangan, yaitu mereka harus mendiskusikan setiap langkah dengan tim mereka. Tujuannya adalah agar mereka belajar bergotong-royong dalam mengambil keputusan bersama, tetapi tetap harus bertanggung jawab secara mandiri atas pilihan mereka sendiri.
Fasilitator berperan aktif dalam memberikan arahan dan tantangan selama permainan berlangsung. Setiap sesi diisi dengan diskusi tentang strategi permainan, serta bagaimana nilai-nilai Pancasila diterapkan dalam setiap keputusan yang diambil.
Asesmen
Fasilitator melakukan asesmen secara berkala untuk mengukur perkembangan siswa dalam tiga dimensi profil: mandiri, gotong-royong, dan bernalar kritis. Penilaian dilakukan melalui observasi langsung selama permainan catur berlangsung, serta melalui catatan refleksi siswa tentang pengalaman mereka dalam menghadapi tantangan selama permainan.
Selain itu, fasilitator juga menggunakan lembar asesmen khusus untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa, kerja sama dalam kelompok, dan kemampuan mereka untuk bertanggung jawab atas setiap keputusan yang diambil.
Aksi Nyata
Setelah kegiatan di sekolah selesai, siswa diminta untuk melakukan **aksi nyata** di lingkungan masing-masing. Mereka diminta untuk mengaplikasikan nilai-nilai yang telah dipelajari selama kegiatan P5 dengan bermain catur bersama teman, keluarga, atau tetangga. Tujuan dari aksi nyata ini adalah untuk memperluas dampak pembelajaran, agar siswa tidak hanya memahami konsep secara teoritis, tetapi juga mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Refleksi
Di akhir kegiatan, siswa diajak untuk melakukan refleksi. Dalam sesi ini, siswa berbagi pengalaman mereka selama mengikuti projek, termasuk tantangan yang mereka hadapi dan bagaimana mereka berhasil mengatasinya. Refleksi ini tidak hanya bermanfaat untuk siswa, tetapi juga memberikan wawasan bagi fasilitator tentang aspek apa yang perlu ditingkatkan dalam kegiatan selanjutnya.
Evaluasi dan Laporan Kegiatan
Fasilitator kemudian melakukan evaluasi keseluruhan terhadap proses dan hasil kegiatan. Berdasarkan hasil asesmen, refleksi siswa, dan observasi fasilitator, disusunlah laporan kegiatan yang berisi:
- Gambaran umum pelaksanaan kegiatan
- Analisis hasil perkembangan siswa dalam tiga dimensi profil (mandiri, gotong-royong, bernalar kritis)
- Tantangan yang dihadapi selama pelaksanaan
- Rekomendasi untuk kegiatan serupa di masa depan
Laporan ini akan digunakan sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas kegiatan P5 selanjutnya, serta menjadi bukti pelaksanaan kegiatan yang dapat dipertanggungjawabkan kepada pihak terkait.
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Ramadhan Week Spegasa 2024
Semarak Ramadhan Week di SMP Negeri 3 Samigaluh! Dari tanggal 1 hingga 5 April 2024, kita telah bikin hari-hari puasa jadi lebih penuh makna dan syiar agama Islam lebih terasa di h
KOMPETISI KKO SE-DIY TAHUN 2023
Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Ungkapan tersebut telah dikenal sejak beberapa abad yang lalu. Hal ini menunjukkan bahwa, secara historis olahraga memegang peranan ya
HARI ULANG TAHUN SMP N 3 SAMIGALUH KE-40
Hari Ulang Tahun (HUT) ke-40 SMP Negeri 3 Samigaluh merupakan sebuah perayaan yang dirayakan setiap tahunnya pada bulan Januari. Perayaan ini diadakan sebagai bentuk apresiasi atas kesu
KEGIATAN PARENTING BERSAMA SIDINA COMMUNITY
Senin, 16 Oktober 2023, SMP Negeri 3 Samigaluh mengadakan kegiatan Parenting. Apakah kegiatan parenting itu? Parenting merupakan proses merawat dan mendidik anak-anak dengan tujuan
SEJARAH BERDIRINYA KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO)
Kelas Khusus Olahraga (KKO) adalah sebuah kelas di suatu sekolah yang dibentuk secara khusus untuk menampung dan melayani siswa yang mempunyai bakat atau potensi khusus, dalam hal ini a
OSIS SMP Negeri 3 Samigaluh Periode 2021/2022
Foto bersama setelah dilaksanakan pelantikan pengurus OSIS baru.