• SMP NEGERI 3 SAMIGALUH
  • Gerbang Berkarya Nyata

KOMPETISI KKO SE-DIY TAHUN 2023

Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Ungkapan tersebut telah dikenal sejak beberapa abad yang lalu. Hal ini menunjukkan bahwa, secara historis olahraga memegang peranan yang sangat penting bagi sebuah komunitas atau masyarakat untuk tetap eksis sebagai bagian dari masyarakat dunia. Olahraga, selain penting bagi kesehatan dan kebugaran juga diyakini dapat  menjadi suatu sarana pembentukan karakter. Melalui olahraga dapat dikembangkan bukan hanya kecakapan ragawi, tetapi juga kecakapan spiritual, emosional dan intelektual. Olahraga dapat membentuk dan menguatkan karakter-karakter positif, seperti tanggung jawab, tangguh, ulet, kooperatif, disiplin, menghargai dan mensyukuri sebuah kesuksesan, menerima keunggulan orang lain, berpikir cermat dan tepat dan sebagainya. 

Kompetisi Kelas Khusus Olahraga (KKO SMP) SMP merupakan Single Event Pelajar tahunan, sebagai titik kulminasi dan gambaran pembinaan prestasi olahraga pelajar sekolah dengan mempertandingkan banyak cabang. Selain sebagai salah satu alat pemersatu dikalangan pelajar, Kompetisi Kelas Khusus Olahraga (KKO SMP) SMP bertujuan untuk meningkatkan pemasaran, pembibitan dan pembinaan atlet berbakat yang nantinya diharapkan mampu berprestasi di tingkat nasional, regional maupun internasional. 

Upaya untuk meningkatkan prestasi Olahraga di Daerah Istimewa Yogyakarta dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, diantaranya: (1) melakukan pembinaan jangka panjang, (2) memperbanyak penyelenggaraan kejuaraan dan (3) meningkatkan kualitas penyelenggaraan. Hal tersebut menunjukkan bahwa atlet berbakat harus didukung adanya proses pembinaan berkelanjutan dan memiliki pengalaman mengikuti kejuaraan yang berkualitas sehingga dapat meraih prestasi secara optimal. 

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka pembibitan adalah lewat Kompetisi Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMP. Dimana Kompetisi ini merupakan Kerjasama antara MKKS KKO, Dispora Masing-masing Kabupaten, BPO Provinsi DIY dan Universitas Negeri Yogyakarta. Kompetisi Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMP merupakan kegiatan pertandingan/perlombaan tingkat Provinsi  yang mempertandingkan 16 (enam belas) cabang olahraga definitif :

  1. Atletik
  2. Sepak Bola
  3. Bola Voli
  4. Bola Basket
  5. Catur
  6. Tenis Meja
  7. Sepak Takraw
  8. Bulutangkis
  9. Tenis Lapangan
  10. Renang 
  11. Panahan 
  12. Pencak Silat (seni Tunggal)
  13. Karate (Kata Perorangan)
  14. Taekwondo
  15. Futsal
  16. GateBall

Kali pertama, SMP Negeri 3 Samigaluh mengikuti event KKO tingkat propinsi. Hal ini dikarenakan KKO di SMP Negeri 3 Samigaluh baru masuk tahun ke-2 sejak membuka kelas khusus olahraga. Cabang olahraga yang menjadi unggulan di SMP Negeri 3 Samigaluh antara lain Bola Voli, Gateball, dan Karate.

Pada event ini, sekolah berupaya keras agar dapat mengikuti event tersebut dengan berbagai kendala antara lain masalah pendanaan. Sekolah kita termasuk sekolah kecil yang berada di atas gunung menoreh sebelah utara. Sekolah kecil berarti sekolah yang memiliki siswa dengan jumlah terbatas. Jelas, hal ini akan berpengaruh besar terhadap jumlah dana BOS yang terbatas yang dapat digunakan untuk operasional sekolah. Sementara untuk melaksanakan pembinaan kelas olahraga ini membutuhkan biaya yang sangat besar, dimulai dari sarana dan prasarana olahraga, baik itu peralatan dan gedung atau gelanggang. Belum harus membiaya pelatih dari luar karena sekolah hanya memiliki 1 guru olahraga dan itupun guru tersebut harus mengajar juga di sekolah lain. Maka, sekolah memutuskan untuk mengambil guru dari luar dan itu membutuhkan biaya pembinaan bagi para pelatih.

Pada event KKO se-DIY tahun 2023 ini, kita gagal di babak lanjut untuk cabor bola voli putra ataupun putri, karate, dan atletik. Alhamdulillah, kita mendapatkan kejuaraan untuk cabor gateball ganda dan beregu putri, sementara yang kelompok putra gagal untuk melaju di babak selanjutnya. Prestasi ini sudah menunjukkan besarnya usaha yang dilakukan oleh para siswa dan juga para pelatih. Event KKO ini bisa menjadi ajang para siswa menimba pengalaman dan menguji diri kemampuannya di bidang olahraga yang menjadi minat dan bakatnya. Semoga, di tahun ke-3 di bulan November tahun 2024 nanti, kita ikut lagi dan memperoleh prestasi yang membanggakan bagi sekolah dan orangtua siswa.

    

  

@by setyo

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
HARI ULANG TAHUN SMP N 3 SAMIGALUH KE-40

Hari Ulang Tahun (HUT) ke-40 SMP Negeri 3 Samigaluh merupakan sebuah perayaan yang dirayakan setiap tahunnya pada bulan Januari. Perayaan ini diadakan sebagai bentuk apresiasi atas kesu

03/04/2024 18:58 - Oleh Administrator - Dilihat 102 kali
KEGIATAN PARENTING BERSAMA SIDINA COMMUNITY

Senin, 16 Oktober 2023, SMP Negeri 3 Samigaluh mengadakan kegiatan Parenting. Apakah kegiatan parenting itu? Parenting merupakan proses merawat dan mendidik anak-anak dengan tujuan

16/11/2023 18:41 - Oleh Administrator - Dilihat 225 kali
SEJARAH BERDIRINYA KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO)

Kelas Khusus Olahraga (KKO) adalah sebuah kelas di suatu sekolah yang dibentuk secara khusus untuk menampung dan melayani siswa yang mempunyai bakat atau potensi khusus, dalam hal ini a

16/11/2023 18:22 - Oleh Administrator - Dilihat 1404 kali
OSIS SMP Negeri 3 Samigaluh Periode 2021/2022

Foto bersama setelah dilaksanakan pelantikan pengurus OSIS baru.

27/11/2022 21:17 - Oleh Administrator - Dilihat 476 kali