• SMP NEGERI 3 SAMIGALUH
  • Gerbang Berkarya Nyata

SEJARAH BERDIRINYA KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO)

Kelas Khusus Olahraga (KKO) adalah sebuah kelas di suatu sekolah yang dibentuk secara khusus untuk menampung dan melayani siswa yang mempunyai bakat atau potensi khusus, dalam hal ini adalah potensi bakat istimewa di bidang olahraga. Pada tahun 2022, SMP Negeri 3 Samigaluh mulai menyelenggarakan KKO.

Berdirinya KKO di SMP Negeri 3 Samigaluh didorong oleh adanya masukan dari masyarakat yang mencintai kegiatan olahraga voli. Generasi muda dari kelurahan Sidoharjo, Purwoharjo, dan Gerbosari selalu mengadakan kegiatan olahraga bersama-sama, khususnya bola voli yang dilaksanakan di lapangan olahraga SMP Negeri 3 Samigaluh. Supaya minat dan bakat generasi muda di bidang olahraga dapat disalurkan, maka masyarakat menghendaki supaya SMP Negeri 3 Samigaluh membuka kelas khusus di bidang olahraga. Pada tahun pelajaran 2022/2023, SMP Negeri 3 Samigaluh diberi izin oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo untuk membuka kelas khusus olahraga (KKO).

Tahun pelajaran 2023/2024, SMP Negeri 3 Samigaluh telah membuka KKO untuk tahun yang kedua. Kegiatan KKO yang diselenggarakan berupa bola voli, karate dan gateball. Waktu pelaksanaan latihan olahraga bagi siswa KKO dilaksanakan pada sore hari atau setelah siswa pulang sekolah, mulai pukul 15:00 WIB sampai dengan pukul 16:30 WIB.

Keberhasilan proses pembelajaran ditentukan oleh ketersediaan sarana dan prasarana olahraga. Sarana dan prasarana memang memiliki peran penting dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan kegiatan olahraga, terutama dalam skala yang lebih besar seperti kompetisi atau turnamen. Sementara ini, sarana dan prasarana yang dimiliki SMP Negeri 3 Samigaluh masih sangat minim atau belum memadai. Selain itu, keberhasilan penyelenggaraan kegiatan KKO juga ditentukan oleh faktor lain, yaitu: anggaran, fasilitas, latihan, manajemen, motivasi, pengalaman dalam bertanding dan semangat sportivitas.

Dengan adanya kelas khusus olahraga ini, diharapkan dapat menjadi sebuah solusi dari masalah pembinaan atlet pelajar muda yang masih aktif dalam kegiatan belajar di sekolah, karena di Kelas Khusus Olahraga ini jadwal sekolah disesuaikan dengan jadwal latihan ataupun program pembinaan yang lainnya sehingga antara prestasi dan pendidikan bisa berjalan dengan beriringan serta bisa menghasilkan prestasi yang optimal. Program kelas khusus olahraga ini merupakan program pendidikan bagi semua anak yang memiliki bakat istimewa di bidang olahraga dan di dalam kelas ini nantinya peserta didik program kelas khusus olahraga akan dapat saling bertukar informasi dan motivasi.

Perhatian Pemerintah di Tingkat Pusat tentunya diharapkan dapat berdampak positif bagi perhatian Pemerintah Daerah untuk pembinaan kegiatan KKO di SMP Negeri 3 Samigaluh. Kemajuan perkembangan kegiatan KKO di sekolah tidak mungkin dicapai dengan minimnya pendanaan. Anggaran dan pembiayaan dimana dalam pelaksanaan proses pengembangan dan pengelolaan Kelas Khusus Olahraga memerlukan adanya dukungan dana yang bersumber dari Pemerintah Pusat/BOS, Pemerintah Daerah/BOP, peran serta Masyarakat/Dukungan Orang Tua dan Kemitraan.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
KOMPETISI KKO SE-DIY TAHUN 2023

Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Ungkapan tersebut telah dikenal sejak beberapa abad yang lalu. Hal ini menunjukkan bahwa, secara historis olahraga memegang peranan ya

03/04/2024 19:22 - Oleh Administrator - Dilihat 169 kali
HARI ULANG TAHUN SMP N 3 SAMIGALUH KE-40

Hari Ulang Tahun (HUT) ke-40 SMP Negeri 3 Samigaluh merupakan sebuah perayaan yang dirayakan setiap tahunnya pada bulan Januari. Perayaan ini diadakan sebagai bentuk apresiasi atas kesu

03/04/2024 18:58 - Oleh Administrator - Dilihat 105 kali
KEGIATAN PARENTING BERSAMA SIDINA COMMUNITY

Senin, 16 Oktober 2023, SMP Negeri 3 Samigaluh mengadakan kegiatan Parenting. Apakah kegiatan parenting itu? Parenting merupakan proses merawat dan mendidik anak-anak dengan tujuan

16/11/2023 18:41 - Oleh Administrator - Dilihat 229 kali
OSIS SMP Negeri 3 Samigaluh Periode 2021/2022

Foto bersama setelah dilaksanakan pelantikan pengurus OSIS baru.

27/11/2022 21:17 - Oleh Administrator - Dilihat 478 kali